Kamis, 06 November 2008

BAGAIMANA MENGAJAR MATEMATIKA YANG EFEKTIF?

Bagaimana Mengajar Matematika yang efektif?

Mengajar matematika yang efektif memerlukan pemahaman dan pengetahuan siswa serta kebutuhan untuk belajar,sehingga menarik serta mendukung mereka untuk belajar yang baik.Pembelajaran efektif juga memerlukan pengetahuan dan pemahaman matematika,Siswa sebagai pembelajar,dan strategi pendidikan.
Para guru memerlukan beberapa macam pengetahuan matematika yang berbeda,pengetahuan tentang keseluruhan materi;pengetahuan fleksibel tentang sasaran dan tujuan kurikulum serta tentang gagasan yang penting pada setiap tingkatan kelas;pengetahuan tentang tantangan para siswa dalam belajar membutuhkan bimbingan;pengetahuan tentang bagaimana gagasan dapat diwakili untuk mengajar siswa secara efektif;dan pengetahuan tentang bagaimana dapat pemahaman siswa.
pengetahuan banyak membantu para guru dalam pertimbangan ketika membuat kurikulum,merespon terhadap pertanyaan siswa,dan melihat hal yang penting pada konsep yang sedang dikemukakan serta merencanakan sesuatu yang sesuai.Pengetahuan pendidikan,banyak diperoleh melalaui praktek mengajar,membantu guru memahami bagaimana siswa belajar matematika,menjadi mahir dengan teknik mengajar yang berbeda dan dapat megelola/mengatur kelas.Guru perlu memahami gagasan pokok dalam matematika dan bisa menghadirkan matematika sebagai satu hubungan.Keputusan dan tindakan guru di dalam kelas dapat mempengaruhi para siswa ketika belajar matematika.
Sebagai contoh,pecahan dapat dipahami sebagai bagian-bagian dari suatu utuh,hasil bagi dua bilangan bulat,atau suatu garis bilangan penting untuk digunakan guru matematika.Seperti pemahaman ditandai"pemahaman dalam pokok matematika".Guru juga perlu memahami penyajian yang berbeda dari suatu gagasan,yang relatif dari setiap kelemahan dan kekuatan,dan bagaimana mereka dihubungkan dengan satu sama lain.Mereka mengetahui gagasan ,siswa sering mempunyai kesulitan cara untuk membantu kesalahpahaman umum.
Pembelajaran matematika yang efektif memerlukan suatu komitmen yang serius kepada pengembangan dari pemahaman matematika siswa.Sebab siswa belajar dengan menghubungkan gagasan baru ke pengetahuan utama,guru harus memahami apa yang siswa telah ketahui.Guru secara efektif mengetahui bagaimana cara mengajukan pertanyaan dan rencana pelajaran yang mengungkapkan pengetahuan siswa lebih dulu,kemudian mereka bisa mendisain pengalaman dan pelajaran yang bereaksi terhadap,dan berdasar pada pengetahuan.
Guru mempunyai strategi dan gaya berbeda untuk membantu para siswa belajar matematika pada gagasan tertentu,dan tak seorang pun "secara benar" untuk mengajar.Bagaimanapun,para guru efektif mengenali bahwa keputusan mereka membuat bentuk matematika dapat menciptakan pengaturan kaya untuk belajar.Pemilihan dan penggunaan teknik dan alat sesuai ,mulai bekerja praktik melakukan peningkatan diri berlanjut , yaitu tindakan guru baik setiap hari.
Salah satu kompleksitas mengajar matematika adalah menyeimbangkan pelajaran kelas yang direncanakan penuh arti dengan pengambilan keputusan berkelanjutan yang tak bisa diacuhkan terjadi ketika guru dan siswa bertemu , berbagai kesulitan atau penemuan yang tidak diantisipasi kedlam wilayah yang belum dipetakan .Pembelajaran matematika yang baik melibatkan ,menciptakan , memperkarya , memperbaiki ,dan mengadaptasi instruksi untuk bergerak ke arah tujuan matematika ,menangkap dan mendukung minat ,melibatkan para siswa dlam membangun pemahaman matematika.

Tidak ada komentar: